komentar terbaru



Tuesday, 1 April 2008

AutoCAD 2009, Membuat Hidup Menjadi Lebih Mudah

Yap,... itulah yang sekilas saya tangkap dari brosur kiriman Chung-Ngin Tan dari autodesk.com yang saya terima lewat email sabtu kemarin, secara pasti saya belum tahu akan seberapa mudah hidup kita para pengguna AutoCAD jika kelak menggunakan AutoCAD 2009 ini. Namun jika dilihat dari apa yang tertera dalam brosurnya, tampak sekali perubahan mencolok dari tampilan AutoCAD 2009 di banding dengan AutoCAD generasi sebelumnya, yang paling tampak jelas perubahan itu misalnya pada tampilan menu icon yang di kelompokan berdasarkan fungsi masing-masing icon tidak jelas apakah tampilan tersebut bisa di kustomisasi atau tidak, dan masih ada beberapa perubahan lagi yang akan kita bahas satu-persatu dalam tulisan ini berikut beberapa skrinsyut dari AutoCAD 2009.

Kotak Dialog Layer
Kotak dialog layer pada AutoCAD 2009 dibuat menjadi lebih komunikatif dan mempercepat proses editing layer, karena setiap perubahan poperti layer pada kotak dialog langung tampil pada gambar.

Fasilitas ViewCube dan SteeringWheels
Nah.. ini dia yang sama sekali baru dari AutoCAD 2009, disini kita tidak akan lagi menjumpai bentuk bundar seperti bumi untuk tampilan orbit seperti AutoCAD 2006 saya, melainkan sebuah bentuk kubus 3 dimensi membuat kita lebih mudah untuk mencari orientasi pada gambar 3D dan tampilan gambar dari View tersebut sudah dalam bentuk perpektif. Sedang untuk Steeringwheels membuat kita menjadi lebih mudah mengatur posisi gambar 3D, karena pada fasilitas Steeringwheels dilengkapi dengan piranti untuk zoom, pan, center langsung pada tampilan gambar 3D tersebut.

Menu Browser & Quick View
Dari beberapa versi AutoCAD sebelumnya, tampilan menu untuk pemilihan file tampaknya seperti diabaikan oleh Autodesk terbukti dengan tidak adanya perubahan dalam tampilan kotak pemilihan file dari versi ke versi. Dan akhirnya fasilitas menu browser inipun mendapat sentuhan, tampilan file yang berupa list pun sudah tidak kita jumpai lagi, melainkan tampilan tumbnail dari file-file yang akan kita buka lengkap dengan ukuran berapa besar file, kreator file dan sekaligus kita bisa melakukan pengelompokan berdasar pada nama file, tanggal atau judul. Sekilas fasilitas menu browser ini mirip atau mungkin sama dengan fasilitas yang ada pada browser Windows Explorer atau ACDsee, menjadi lebih nyaman menurut saya bagaiman menurut anda ??

Action Recorder Ini merupakan fasilitas yang benar-benar baru, yaitu rekaman kegiatan kita saat menggambar mungkin fasilitas ini sangat berguna bagi para pemula yang masih belajar dengan fungsi-fungsi yang ada pada AutoCAD, atau bagi mereka yang pelupa.

Ribbon
Fasilitas apa lagi ini,...?? begitu pikiran saya ketika melihat judul dari menu baru yang ditawarkan oleh AutoCAD 2009. Dan sampai saya membuat tulisan inipun masih belum paham :)

Demikian sedikit review dari saya tentang AutoCAD versi terbaru, perlu sekali lagi saya tulis bahwa review ini saya buat berdasarkan brosur yang saya terima bukan dari praktek langsung dengan menggunakan AutoCAD 2009. Salam Drafter !

6 comments:

Herni Peruzi said...

Wow mantap sekali AutoCAD 2009!! salut buat AutoDesk,...

Saya seorang Drafter, kadang kala saya menemukan kesulitan untuk memecahkan sebuah masalah seputar menggambar pada Autocad, pertanyaan saya:
1. dimanakah saya dapat bertanya jawab soal ini?
2. dimanakah kalo saya ingin kursus untuk meningkatkan keahlian saya sebagai drafter ddi daerah jakarta?
3. dimanakah tempat kursus Prog.3DSMAX?
4. Bagaimana menggambar Isometric 2D?

mohon petunjuk dan pengarahanya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga.

salam kenal : Herni Peruzi

indodrafter said...

@Herni Peruzi...
Untuk masalah yang anda temui bisa anda kirim lewat komen di semua posting yang ada di blog ini, terutama bagian tulisan draftar atau kirim email ke indodrafter@gmail.com, jika jawabannya dirasa berguna bagi orang lain akan kami posting ke blog ini, dan mengenai beberapa pertanyaan tentang kursus, kami dari indodrafter tidak dapat mereferensikan kepada anda, karena masing² tempat kursus mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan untuk menghindari kesan promosi :) mungkin ada rekan² lain yang bisa memberi jawaban.. ? untuk mengenai isometric 2D setahu saya anda hanya perlu bermain UCS saja.. semoga membantu

Edo said...

Sedikit koreksi, macro recorder digunakan untuk merekam drawing yang sering dilakukan. Jadi mirip AutoLISP, tapi dari rekaman apa yg kita lakukan.
Ribbon adalah pengganti dashboard. Dulu di samping, skrg di atas.
http://tentangcad.com/mengintip-antar-muka-autocad-2009/

To: Herni,
Untuk isometrik bisa pakai cara ini:
http://tentangcad.com/menggambar-isometrik-dengan-autocad/

Klo menurut saya pribadi sih, Acad2009 bagus buat yang baru belajar. Tp klo spek komputernya nge-pas ya ampun deh...

indodrafter said...

@ P' Edo..

Terimakasih atas koreksinya.. harap maklum pak,..beginilah hasilnya kalo amatir coba² bikin review.. jadi ngasal dan ancur :)

Edo said...

Gak ancur kok :D
Cuma mungkin karena blom nyoba sendiri, jd blom bisa objektif ya...

indodrafter said...

@ P' Edo

Boss, minta tolong boleh yaa..?? :)
Minimum requirement spesifikasi komputer buat njalanin AuotCAD 2009 apa saja..?? supaya saya dan temen² yang lain jadi tahu..

Saya disini lagi males browsing cari data boss...internet lemot, rapidshare di block, jadi kagak bisa uplot file :((

thank's

Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!